Cara beternak ikan Cupang yang baik dan benar

Betta Fighter
Cupang Adu Super
Raja Cupang Fish

Jual cupang adu super

No

Betta Fish Stock

Jenis Ikan

Kwalitas

Harga

01

02

Indo 5 Stars Betta

Indo Super High Quality

Fighter

Fighter

Super High

High

Rp.350.000/Ekor

Rp.200.000/Ekor

03

Indo High Quality

Fighter

Medium

Rp.150.000/Ekor

04

Betta Paradise

Wild Fish

Rare Fish

Rp.450.000/Pair

05

Betta Macrostoma

Wild Betta

Rare Fish

Rp.2.500.000/Pair

06

Betta Channoides

Wild Betta

Rare Fish

Rp.450.000/Pair

07

Betta Ocellata

Wild Betta

Rare Fish

Rp.450.000/Pair

08

Betta Gladiator

Wild Betta

Super

Rp.450.000/Pair

09

Betta Imbellis

Wild Betta

Super

Rp.450.000/Pair

10

Betta Smaragdina

Wild Betta

Super

Rp.450.000/Pair

11

Giant Betta Spldn

Betta Contest

Super

Rp.350.000/Pair

12

Betta Rubra

Wild Betta

Super

Rp.450.000/Pair

Cara beternak ikan Cupang yang baik dan benar

Cara beternak ikan cupang
Cara beternak ikan cupang yang akan saya jelaskan disini dengan singkat namun padat, saya rasa dengan membaca dan memahami tulisan saya ini Anda akan dapat mengembang biakkan ikan cupang aduan super atau ikan cupang hias super.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum melakukan pemijahan atau mengembang biakkan ikan Cupang, diantara yang harus Anda ketahui adalah jenis-jenis ikan cupang, karena ikan cupang memiliki banyak ragamnya, diantaranya adalah cupang alam atau Wild Betta tentu cara beternaknyapun berbeda dengan cupang aduan biasa, secara keganasan mereka di bagi dua yang pertama adalah Ikan Cupang Adu dan yang kedua adalah Ikan Cupang Hias.

Jika dilihat dari sisi pengembangbiakan maka ikan cupang dapat dibagi menjadi dua juga, yang pertama adalah ikan cupang yang merawat anakannya dalam mulutnya, jenis cupang ini yang sering di sebut dengan cupang alam atau Wild betta seperti Betta Macrostoma, Betta Albimarginata, Betta Channoides, Betta Ocellata, Betta Rubra, Betta Gladiator dan banyak lagi jenisnya dari cupang yang memelihara telur dan anak di mulutnya, dan ada yang merawat anaknya di dalam gelembung-gelembung busa yang mereka buat di permukaan air sebelum melakukan perkawinan, jinis ini seperti cupang aduan super yang kami jual, cupang ini kalau kita latih dengan baik makan akan menjelma menjadi upang aduan yang sangat tangguh, cupang Imbellis, dan banyak lagi jenisnya.

Dikarenakan sulitnya melakukan pemijahan cupang alam maka yang banyak beredar di kalangan breeder atau penghoby adalah jenis yang kedua sebab itu saat ini saya akan menjelaskan proses cara beternak ikan cupang yang baik dan benar dari jenis ikan yang merawat anakannya dengan cara membangun sarang busa di permukaan air.

Ada beberapa tahapan yang perlu Anda persiapkan sebagaimana berikut:

  1. Mengetahui perbedaan antara Ikan cupang Adu dan Cupang Hias sangat penting sebelum melakukan persiapan pemijahan juga Anda sebagai calon breeder harus mengerti perbedaan antara cupang jantan dan cupang betina agar tidak salah memijah, karena jika salah dalam memili jenis kita akan menghasilkan anakan yang tidak kita inginkan.
  2. Memilih calon indukan baik jantan atau betina yang super kalau bisa cupang yang juara nasional kalau ada yang juara internasional lebih baik agar anakannya nanti juga sangat berpeluang untuk juara nasional syukur jika bisa juara internasional.
  3. Calon Indukan harus sudah cukup umur dan sehat dengan di tandai Jantannya sudah membuat busa busa di aquariumnya, dan wanitanya sudah nampak hamil dan kelihatan seperti ada putih telur mau keluar dari balik perut bagian depannya.
  4. Persiapan tempat pemijahan, air pemijahan dan sebaiknya tempatnya jangan terlalu luas agar betinanya tidak lari terus sembunyi ketika di kelar oleh si jantan, serta airnya harus benar-benar steril dari bahan kimia atau kotoran agar telurnya tidak busuk nantinya.
  5. Masukkan pejantan terlebih dahulu kedalam aquarium yang sudah di isi dengan air bersih tadi, setelah beberapa jam kemudian baru masukkan betinanya tapi jangan langsung di campur, betinyanya harus di kerangkeng dalam botol transparan dalam aquarium pejantan agar mereka saling kenalan terlebih dahulu sekitar tiga hari.
  6. Setelah tiga hari jika mereka jodoh pejantan akan membuat sarang berupa busa di permukaan air dan mereka akan kawin dan menghasil telur yang akan di taruk di sarang busa oleh si jantan.
  7. Setalah telur habis pejantannya akan menjaga dibawah sarangnya agar betinya tidak memakan telurnya sendiri sebab itulah segeralah angkat betinanya perlahan dan jangan sampai menggoyang air terlalu keras sehingga menyebabkan telurnya jatuh dan membusuk.
  8. Sekitar dua hingga tiga hari telur itu akan menetas, kalau sudah menetas biarkan saja jangan dikasih makan bayi cupang itu hingga umur 4 atau 5 hari baru dikasih kutu air yang kecil-kecil hingga dua minggu baru diangkatlah bapaknya.
  9. Begitu terus kasih makan ya pagi dan sore dan selalu dijaga kebersihan airnya, ga perlu gonta ganti air malah menyebabkan anakannya mati, jangan  terlalu banyak memberi makan.

Setelah mendapatkan anakan cupang adu yang super sekarang saatnya anda mengetahui cara melatih ikan cupang adu agar bibit cupang adu super yang sudah Anda miliki tidak sia-sia hanya disebabkan kesalahan memelihara dan perawatan, sekian dulu ya info dari saya, silahkan dicoba moga berhasil, selamat mencoba, kami Raja Cupang selalu siap membantu Anda, dan kami menjual Cupang Adu Super dan Cupang Hias Super.

06.36.00